Sabtu, 27 Maret 2010

SOAL FRS (1)

 DOWNLOAD
 LATIHAN SOAL FRS
1.    Terangkan dengan jelas apa yang disebut dengan Formularium. Dan bagaimana formularium dapat membantu management Farmasi Rumah Sakit.
Jawab :
    Formularium adalah kompilasi dari nama obat yang telah disepakati bersama untuk dipergunakan di Rumah Sakit, beserta informasinya tentang dosis, indikasi, kontra indikasi, peringatan, efek samping, toksisitas, farmakologi, farmakokinetik, dan stabilitas.
    Formularium dapat membantu  manajemen Farmasi karena dengan adanya formularium duplikasi pemberian obat dapat dikurangi dan memberikan harga yang rendah kepada pasien

2.    Apa keuntungan Formularium bagi masyarakat Rumah Sakit?
Jawab :
Keuntungan Formularium bagi masayarakat Rumah Sakit dapat dinilai dari 3 aspek antara lain:
a.    Terapeutik
Memberikan manfaat besar bagi pasien dan dokter di mana dalam Formularium memuat informasi tentang dosis, indikasi, kontra indikasi, peringatan, efek samping, toksisitas, farmakologi, farmakokinetik dan stabilitas obat.
b.    Ekonomi
Menghilangkan duplikasi obat dengan mengurangi duplikasi pengadaan obat dan memberikan harga yang rendah kepada pasien.
c.    Edukasi
Formularium yang baik berisi informasi bagaimana membuat resep dan informasi tambahan mengenai obat untuk kepentingan edukasi.
3.    Bagaimana Formulariun dapat meningkatkan penggunaan obat secara rasional.
Jawab :
Formularium berisi informasi bagaimana membuat resep dan informasi tambahan mengenai obat untuk kepentingan edukasi. Dalam hal ini dilakukan pelatihan untuk penulisan resep dan dispensing, pelatihan untuk profesi lain, pendidikan untuk pasien, dan pendidikan untuk masyarakat.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar