KOMUNIKASI
1. Apa yang dimaksud dengan Effective Questioning?
Terangkan masing – masing dengan contoh
Jawab:
Effective Questioning : bertanya secara efektif
Ada 6 cara bertanya yang efektif yaitu :
a. Very open
Pertanyaan yang jawabannya sangat luas
Contoh : Apa yang ibu rasakan/problem apa? (untuk pasien yang baru datang
b. Open
Pertanyaan yang terbuka dan membutuhkan jawaban yang panjang lebar
Contoh : Ibu sudah minum obat jantung ini selama sebulan, apa yang ibu harapkan?
c. Moderately open
Pertanyaan yang jawabannya memerlukan banyak pilihan dan masih cukup terbuka
Contoh : Ibu setelah minum obat generik, apa yang ibu rasakan?
d. Moderately closed
Pertanyaan yang jawabannya belum pasti dan masih banyak pilihan (pilihan dari beberapa pilihan)
Contoh : punya pengalaman lain sebelum terkena penyakit ini dan penyebabnya apa?
e. Highly closed
Pertanyaan yang jawabannya hanya ada 2 pilihan (ya/tidak)
Contoh : pernah minum obat ini sebelumnya?
f. Totaly closed
Pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban
Contoh :
2. Terangkan 4 macam komunikasi beserta contoh
Jawab :
a. Komunikasi dengan diri sendiri (Interpersonal Communication)
Komunikasi yang dilakukan secara pribadi misalnya berlatih berkomunikasi di depan cermin.
b. Komunikasi antar pribadi (Intrapersonal Communication)
Komunikasi yang dilakukan dengan satu atau beberapa orang misalnya melalui telpon, surat menyurat, sms.
c. Komunikasi publik (Public Communication)
Komunikasi yang dilakukan dengan golongan masyarakat tertentu misalnya berpidato, berkampanye.
d. Komunikasi massa (Mass Communication)
Komunikasi yang dilakukan dengan masyarakat luas melalui media massa misalnya radio, TV, surat kabar.
3. Sebutkan hambatan dalam komunikasi
Terangkan masing-masing dengan contoh
Jawab :
a. Gangguan teknis (mengenai peralatan yang digunakan)
Ex : MIC rusak
b. Gangguan semantik (penggunaan bahasa)
Ex : Analgetik dipakai untuk berkomunikasi dengan sesama profesi kesehatan sedangkan dengan masyarakat awam menggunakan kata anti nyeri
c. Gangguan Psikologi (Berbicara yang dapat menyinggung)
Ex.
d. Gangguan fisik/oragnik (keadaan fisik pasien)
Ex : Berbicara dengan orang yang kurang baik pendengarannya sehingga pembicaraan diremehkan
e. Rintangan status (status kedudukan)
Ex : Antara atasan dengan bawahan
f. Rintangan kerangka perpikir (tingkat pendidikan)
Ex : Pola berpikir antara orang kota dengan orang desa
g. Rintangan budaya (adat istiadat daerah setempat)
Ex. Berbahasa yang halus dengan orang jawa
4. Upaya apa saja yang harus dilakukan agar kita dapat berkomunikasi di open area?
Jawab :
• Sender harus mempelajari dan menguasai substansi
• Membuat leaflet kepada penerima pesan (receiver) dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
5. Sebutkan komponen – komponen dalam suatu komunikasi
Jawab :
• Komunikator
• Informasi
• Pesan
• Media
• Komunikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar