Sabtu, 20 Maret 2010

COST UTILITY ANALYSIS

 DOWNLOAD
COST UTILITY ANALYSIS

Evaluasi farmakoekonomi adalah sebuah alat analitis yang digunakan untuk meningkatkan analisis yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan di dalam hal pembiayaan dan manajemen obat-obatan pada suatu system pelayanan kesehatan atau asuransi kesehatan. Farmakoekonomi adalah suatu standar yang dapat digunakan untuk mempersiapkan studi aplikasi untuk pembiayaan, suatu pemandu untuk mendisain dan mengimplementasikan suatu studi, atau suatu gambaran untuk mengevaluasi laporan studi ekonomidua hal penting dalam evaluasi ekonomi, yang pertama adalah evaluasi ekonomi mencakup biaya dan hasil dari proses yang menggunakan biaya tersebut. Kedua, evaluasi ekonomi selalu mengandung kegiatan membandingkan alternative-alternatif pilihan pelayanan kesehatan.


Oleh karena itu, manfaat utama evaluasi ekonomi adalah utnuk mengidentifikasi , mengukur, menilai dan membandingkan biaya dan konsekuensi dari alternative yang dipertimbangkan . evaluasi jenis ini lebih banyak mengukur hasil , bukan pada biaya tindakan. Tipe studi farmakoekonomi dikenal ada 4, yaitu :
1.    Cost Minimization Analiysis
2.    Cost Benefit Analysis
3.    Cost Effectiveness analysis
4.    Cost Utility Analysis
5.   
Cost Utility Analysis
Analisis ditujukan pada cost dan outcome, outcome diukur pada tingkat kegunaan pada pasien atau kualitas outcome dari asuhan kesehatan dibandingkan pada unit yang alamiah. Outcome dapat diukur dalam beberapa perubahan dalam harapan hidup pasien misalnya dalam beberapa tahun. Utility score dapat diperoleh dari pasien, tenaga ahli lain, atau literature yang dapat menampilkan referensi tentang pasien untuk mencapai hasil tertentu.
QALY (Quality adjust life year) atau kualitas tambahan dalam tahun , telah menjadi alat yang umum dalam pengukuran. Tapi bagaiamanapun dapat pula dilihat dari QALD (Quality adjust life day) atau QALM (Quality adjust life month) atau QALE (Quality adjusted life expectancy) atau ukuran yang lain.
Biasanya diperlukan wawancara dan meminta pasien untuk member skor tentang kualitas hidup mereka. Hal ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang sudah dibakukan. Sebagai contoh digunakan sebagai skala penilaian (O= kematian, 10=kesehatan sempurna). QALY (Quality adjust life year) atau kualitas tambahan dalam tahun, yang paling banyak digunakan.
Cost Utility Analysis. Membandingkan biaya terhadap program kesehatan yang diterima dihubungkan dengan peningkatan kesehatan yang diakibatkan perawatan kesehatan.

Bootman JL.,Townsend RJ., Mc Ghan WF.. 2005. Principle of Pharmacoeconomics, 2nd Ed. USA : Whitney Book Company. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar