Selasa, 06 April 2010

ANGGARAN PENETAPAN HARGA

DOWNLOAD

PENGERTIAN
Penganggaran :
proses penyusunan anggaran yang dimulai pembuatan panitia, pengumpulan data dan pengklasifikasian data, pengajuan rencana kerja fisik dan keuangan tiap-tiap seksi, bagian, divisi, penyusunan secara menyeluruh, merevisi, dan mengajukan kepada pimpinan puncak dan disetujui dan dilaksanakan.

PENGERTIAN
Anggaran:

Anggaran dapat berupa anggaran fisik dan anggaran keuangan. Anggaran lazim disebut rencana kerja yang dituangkan secara tertulis dalam bentuk angka-angka keuangan, (anggaran formal)
suatu perencanaan laba strategis jngka panjang, suatu perencanaan taktis laba jangka pendek, suatu sistem akuntansi berdasarkan tanggung jawab, suatu penggunaan prinsip pengecualian yang berkesinambungan, sebagai alat untuk mencapai tujuan dan sasaran suatu organisasi.
rencana tentang kegiatan perusahaan yang mencakup berbagai kegiatan operasional yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain sebagai pedoman untuk mencapai tujuan dan sasaran suatu organisasi.

TUJUAN PENETAPAN HARGA
Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya
Mempertahankan perusahaan
Menggapai ROI (Return on Investment)
Menguasai Pangsa Pasar
Mempertahankan status quo
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Memilih Sasaran Harga
Menentukan Permintaan
Memperkirakan Biaya
Menganalisa Biaya, Harga dan Penawaran Pesaing
Memilih Metode Penetapan Harga
Memilih Harga Akhir
Menyesuaikan Harga
METODE PENETAPAN HARGA PRODUK
Pendekatan Permintaan dan Penawaran (supply demand approach). Penetapan harga berdasarkan permintaan adalah penetapan harga yang dihubungkan dengan harapan pelanggan dan situasi pembelian yang khusus.
Pendekatan Biaya (cost oriented approach) Menentukan harga dengan cara menghitung biaya yang dikeluarkan produsen dengan tingkat keuntungan yang diinginkan baik dengan markup pricing dan break even analysis.
METODE PENETAPAN HARGA PRODUK ( Lanjutan)
Pendekatan Pasar (market approach) Merumuskan harga untuk produk yang dipasarkan dengan cara menghitung variabel-variabel yang mempengaruhi pasar dan harga seperti situasi dan kondisi politik, persaingan, sosial budaya, dan lain-lain.
KESIMPULAN
Anggaran perusahaan merupakan kombinasi dari tiga unsur utama, yaitu pengalaman yang merupakan praktek mengelola perusahaan, pengetahuan tentang teori perusahaan yang hakikatnya adalah mencari laba dan memaksimumkan kekayaan pemilik perusahaan dan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dikemas dalam bentuk kekuatan, kelemahan, peluang dan kendala yang dihadapi perusahaan.
 Dalam menetapkan harga, biasanya perusahaan melakukan berbagai strategi antara lain: memilih sasaran harga, menentukan permintaan, memperkirakan biaya, menganalisis biaya, harga dan penawaran pesaing, memilih metode penetapan harga, memilih harga akhir, menyesuaikan harga.
Strategi yang dilakukan adalah untuk memperoleh keuntungan yang besar untuk perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar