Rabu, 24 Maret 2010

KUALITAS HIDUP (ppt)

DOWNLOAD
KUALITAS HIDUP

Farmakoekonomi (pharmacoeconomics) adalah suatu metoda baru untuk mendapatkan pengobatan dengan biaya yang lebih efisien dan serendah mungkin tetapi efektif dalam merawat penderita untuk mendapatkan hasil klinik yang baik (cost effective with best clinical outcome).
Analisis farmakoekonomi menggambarkan dan menganalisa biaya obat untuk sistem perawatan kesehatan. Studi farmakoekonomi dirancang untuk menjamin bahwa bahan-bahan perawatan kesehatan digunakan paling efisien dan ekonomis.





EVALUASI FARMAKOEKONOMI
Cost - Minimization Analysis
    Tipe analisis yang menentukan biaya program terendah dengan asumsi besarnya manfaat yang diperoleh sama
Cost - Benefit Analysis
    Tipe analisis yang mengukur biaya dan manfaat suatu intervensi dengan beberapa ukuran moneter dan pengaruhnya terhadap hasil perawatan kesehatan
Cost – Effectiveness
    Tipe analisis yang membandingkan biaya suatu intervensi dengan ukuran non moneter dimana pengaruhnya terhadap perawatan kesehatan
Cost - Utility Analysis
      Analisis Cost-Utility adalah tipe analisis yang mengukur manfaat dalam utility-beban lama hidup; menghitung biaya per utility; mengukur ratio untuk membandingkan diantara beberapa program.
   
MANFAAT FARMAKOEKONOMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP
Memberikan Pelayanan Maksimal Dengan Harga Terjangkau
Angka Kesembuhan Meningkat, Angka kesehatan meningkat dan angka kematian menurun
Menghindari Tuntutan Dari Pihak Pasien dan Asuransi Terhadap Dokter dan RS Karena Pengobatan Yang Mahal
KESIMPULAN

Farmakoekonomi adalah studi yang mengukur dan membandingkan antara biaya dan hasil/konsekuensi dari suatu pengobatan. Tujuan farmakoekonomi adalah untuk memberikan informasi yang dapat membantu para pembuat kebijakan dalam menentukan pilihan atas alternatif-alternatif pengobatan yang tersedia agar pelayanan kesehatan menjadi lebih efisien dan ekonomis.
Peranan Farmasis mengaplikasikan Pharmaceutical care dan Farmakoekonomi, akan dapat menurunkan biaya pelayanan kesehatan secara keseluruhan dengan berfokus pada penggunaan obat yang optimal, menghindari atau meminimalisir masalah yang terkait dengan penggunaan obat (Drug Related problems/DRP’s), dan pencapaian outcome yang diinginkan pasien yaitu meningkatnya kualitas hidup.
TERIMA KASIH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar